PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA PELAJARAN PENERAPAN RANGKAIAN ELEKTRONIKA UNTUK KELAS XI SMKN 2 SURABAYA

Dec 06,2018
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk perangkat pembelajaran model problem based learning (PBL) yang layak digunakan pada mata pelajaran penerapan rangkaian elektronika berdasarkan: (1) Validitas perangkat pembelajaran model problem based learning dijadikan sebagai bahan ajar, (2) Kepraktisan ditinjau dari respon siswa terhadap perangkkat pembelajaran model problem based learning (PBL), dan (3) Efektifitas ditinjau dari hasil belajar siswa setelah menggunakan perangkat pembelajaran model problem based learning (PBL).Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Reaserch & Development (R&D). Dalam penelitian ini terdapat 7 (tujuh) tahapan yaitu tahap pertama “potensi dan masalah”, tahap kedua “pengumpulan data”, tahap ketiga “desain produk”, tahap keempat “validasi produk”, tahap kelima “uji coba produk dan pemakaian”, tahap keenam “revisi produk” dan tahap ketujuh “analisis dan kesimpulan”. Subjek ujicoba siswa kelas XI TAV 4 SMK Negeri 2 Surabaya sejumlah 34. Untuk mengetahui hasil validitas perangkat pembelajaran yang terdapat pada sebuah lembar validasi yang diberikan kepada validator, Untuk mengetahui kepraktisan perangkat pembelajaran dibuatlah angket respon siswa, dan untuk mengetahui keefektifan perangkat pembelajaran pada ranah kognitif peneliti membuat dua test soal yaitu pretest dan posttestdan pada ranah psikomotor peneliti membuat tes kinerja atau lks. Kemudian hasil dari ranah kognitif dan psikomotor.Berdasarkan hasil analisis diperoleh kevalidan perangkat pembelajaran, pada aspek rencana pelaksanaan pembelajaran dengan nilai rerata hasil rating 87,50% pada kategori sangat baik. Pada aspek respon siswa dengan hasil rerata rating 90,89% pada kategori sangat baik atau sangat praktek. Pada aspek keefektifan yang ditinjau dari hasil belajar akhir siswa dengan nilai rerata 90,46% pada katagori sangat efektif atau sangat baik. Hasil penelitian menggunakan analisis data uji t (paired sample t-test) menunjukkan perolehan nilai th= 36,72 > ttabel= 1,69 dengan taraf signifikansi 5%. Hasil belajar siswa yang mencapai kriteria ketuntasan nilai minimal diatas kkm 90,89%>78 hasil ini menunjukkan penggunaan pembelajaran sangat efektif. Pada model pembelajaran problem based learning lebih layak dengan hasil belajar siswa untuk diajarkan pada siswa XI TAV SMKN 2 Surabaya. Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan perangkat pembelajaran layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran penerapan rangkaian elektronika yang ditinjau dari aspek validitas, kepraktisan, dan keefektifan.Kata kunci: Pengembangan Perangkat Pembelajaran, PBL, Kelayakan, (R&D).